Nah Loh, Jarum Infus Setnov Buat Anak-Anak

Jumat, 17 November 2017 | 22:34
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Setya Novanto

INDOPOS.CO.ID - Pasca kecelakaan, beredar foto dari Ketua DPR Setya Novanto yang mendapat perawatan di RS Medika Permata Hijau. Politisi dari partai Golkar itu terlihat dirawat di sebuah ruangan dengan selang oksigen di hidungnya dan juga jarum infus di tangan kanannya.

Jika dicermati, jarum infus tersebut berwarna kuning. Menurut dunia medis, biasanya jarum infus warna kuning itu biasanya digunakan untuk anak-anak karena jarumnya lebih pendek.

''Jarum warna kuning itu ukurannya kecil, makanya biasanya dipakaikan untuk anak-anak,'' ujar seorang dokter perempuan yang wanti-wanti namanya jangan ditulis kepada INDOPOS, Jumat (17/11).

''Mungkin juga dipakai orang dewasa karena pembuluh darah venanya kecil. Tapi itu sangat jarang terjadi ya,'' lanjutnya.

Dia mengungkapkan, untuk orang dewasa, biasanya menggunakan jarum berwarna hijau.

Lantas apa yang terjadi jika jarum itu tidak sesuai pemakaian? ''Ya tetesan cairannya tidak masuk dengan maksimal,'' tandasnya.

Dokter lain juga melihat kejanggalan dari foto tersebut. Dokter pria ini mengatakan, kalau benar korban dalam keadaan tidak sadar, bukan ditempatkan di ruang biasa.

''Kalau saya nggak berani ya seperti itu. Kalau memang benar korban nggak sadarkan diri, harusnya bukan ditempatkan di ruang biasa seperti itu, tapi di ICU. Kayaknya ada yang aneh. Tapi nggak tau juga ya, karena saya nggak ada di tempat. Tapi kalau dari foto itu, ya ada yang aneh,'' pungkasnya. (dew)

 

Sebagai informasi, Abbocath atau jarum infus ada lima macam dengan warna berbeda warna, dan fungsinya masing-masing.

1. 16G

Warna abu-abu: Fungsi untuk orang dewasa, dipasang pada kondisi bedah mayor, trauma, resusitasi cepat

2. 18G

Warna hijau: Fungsi untuk orang dewasa dan anak, dipasang pada kondisi bedah mayor, trauma, resusitasi cepat

3. 20G

Warna merah muda: Fungsi untuk orang dewasa dan anak, dipasang untuk memasukan cairan infus untuk maintenance

4. 22G

Warna biru: Fungsi untuk bayi, anak, dan orang dewasa dengan pembuluh darah kecil dan rapuh, dipasang untuk memasukan cairan infus untuk maintenance

5. 24G

Warna kuning: Fungsi untuk neonatus, bayi, anak, dan orang dewasa dengan pembuluh darah kecil dan rapuh, dipasang untuk memasukan cairan infus untuk maintenance terutama dengan tetesan sangat lambat. 

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
38%
Sedih
Sedih
13%
Marah
Marah
13%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
38%
Takut
Takut
0%