MUI: Kalau Ada yang Bilang Vaksin MR Halal, Itu Kebohongan!

Jumat, 13 Oktober 2017 | 07:10
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
ILUSTRASI

INDOPOS.CO.ID–Majelis Ulama Indonesia (MUI) membuat pernyataan mengejutkan tentang vaksin Measles Rubella atau biasa dikenal dengan vaksin MR. MUI dengan tegas menyatakan, belum ada fatwa halal untuk vaksin tersebut. Artinya, sertifikat halal untuk vaksin tersebut pun belum pernah diterbitkan.

“Kalau ada yang bilang vaksi MR halal, Itu kebohongan,” kata Ketua Komisi Fatwa MUI, Hasanuddin di kantornya (12/10).

Hasanuddin menyatakan, vaksinasi dan vaksin adalah dua hal yang berbeda dan selama ini MUI menyatakan bahwa vaksinasi wajib menggunakan vaksin yang halal. Dan, menurutnya, hingga saat ini MUI belum bisa menyatakan alasan  bahwa vaksin MR tidak halal.  ”Belum ada pengajuan dari Biofarma, kami juga belum pernah diminta untuk memeriksa (kehalalan vaksin,Red),” katanya.

Menurut Hasan, Biofarma sudah melakukan pengajuan sejak beberapa tahun lalu, namun prosesnya tidak kunjung selesai. Sehingga sertifikat halal untuk vaksinasi ini belum bisa diterbitkan. “Makanya kalau ada isu di masyarakat vaksin ini halal, itu bohong,” ungkapnya.  

Menurut Hasan, pemerintah harus segera mengambil sikap dalam hal ini. Secara aturan dalam UU produk halal diamanatkan bahwa setiap produk obat-obatan termasuk vaksin harus terbuat dari baha-bahan yang halal seperti halnya vaksin bagi flu dan meningitis. (tau/JPG)

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%