Komisi III Heran Masih ada Pihak Mempersoalkan Pansus KPK

Selasa, 05 September 2017 | 16:14
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo

INDOPOS.CO.ID - Masa kerja Pansus Hak -Angket KPK akan berakhir pada 28 Sepetember nanti. Dalam perkembangannya Pansus telah menelurkan berbagai temuan soal pengawasan dan penyelidikannya terhadap KPK. Namun demikian jelang purnatugas Pansus KPK, Ketua Komisi III Bambang Soesatyo sampai saat ini heran, masih ada pihak-pihak yang mempersoalkan keberadaan Pansus yang diketuai oleh Agun Gunandjar itu.

"Jadi saya juga masih heran masih ada pihak-pihak yang mempersoalkan keberadaan Pansus," ucap Bamsoet usai rapat tertutup Komisi III di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2017).

Dia menuturkan,  kemarin ada dua sampai tiga pihak yang melakukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), kemudian pengadilan memutuskan bahwa Pansus ini adalalah hak DPR.

"Mereka (PTUN) menyampaikan tidak berhak untuk melakukan langkah-langkah hukum atau memprosesnya karena itu adalah proses sesuai dengan undang-undang dan konstitusi yang ada," papar Politisi Golkar itu.

"Jadi itu kurang lebih isi PTUN kemarin," imbuhnya.

Kemudian pada hari ini juga ada sidang di Mahkamah Konstitusi dengan pembahasan yang sama. Pengajuan gugatan di MK tersebut dilakukan oleh para pegawai KPK yang keberatan dengan keberatan Pansus KPK.

Selanjutnya Bamsoet berharap MK jernih dalam memutuskan sebuah perkara itu, bahwa apa yang Pansus lakukan di sini sesuai dengan konstitusi, sudah dimuat lembaran negara. 

Menurutnya Pemerintah sendiri pun tidak mempermasalahkan Pansus KPK, kemudian Kapolri mendukung penuh keberadaan Pansus ini dan Jaksa Agung juga mendukung penuh.

"Kami sudah pernah mendatangi kedua lembaga negara tersebut. Hanya KPK yang memang belum ketemu karena kita undang beberapa kali, para pimpinan KPK masih mempersoalkan keberadaan pansus," pungkasnya.  (jaa)

Editor : Syahrir Lantoni
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
100%
Takut
Takut
0%