Ini Kronologis OTT Wali Kota Tegal

Rabu, 30 Agustus 2017 | 21:52
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
KRONOLOGIS: Ketua KPK Agus Raharjo (duduk, kanan) saat memberikan keterangan pers tentang OTT Wali Kota Tegal di Gedung KPK, Rabu (30/8/2017).

INDOPOS.CO.ID - Ketua KPK Agus Raharjo menyampaikan kronologis OTT yang dilakukan KPK pada Selasa (29/8) kemarin. Dalam OTT tersebut tim satgas beraksi di tiga lokasi berbeda, yakni Tegal, Jakarta dan Balikpapan.

 
"Kronologis  OTT sekitar pukul 15.17 wib tim mengamankan saudara M dan IM selaku supir pribadi Masithah di rumah Amir Mirza yang difungsikan sebagai posko pemenangan di kota Tegal untuk proses nanti dalam pilkada," ucap Agus dalam jumpa pers di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Rabu (30/8/2017).
 
Agus mengatakan, di dalam ruangan tersbut tim satgas menemukan uang tunai sebesar Rp 200 juta yang dimasukan di sebuah tas berwarna hijau. 
 
"Uang tersebut diduga merupakan bagian dari uang yang diambil dari saudara M (supir Masithah) dari saudara U (kepala bagian keuangan RSUD Kardina Tegal) di ruangan bagian RSUD Kardinah, berjumlah Rp 300 juta kemudian yang 50 juta disetor ke rekening Amir Mirza bank Mandiri dan yang 50 juta disetor ke rekening Amir Mirza di bank BCA," katanya.
 
Selanjutnya sekitar pukul 16.40 wib tim satgas mengamankan AJ (mantan Kasubag Pendapatan dan Belanja RSUD Kardinah posisi sekarang sebagai Kasubag Koperasi UMKM) di rumahnya di Tegal. 
 
Kemudian pukul 16.50 wib tim bergerak mengamankan saudara U di rumahnya. Pada pukul 17.00 tim satgas mengamankan Wali Kota Tegal Siti Masithah beserta ajudan pribadinya di komplek pemerintahan Kota Tegal.
 
"Sementara itu Amir Mirza diamankan tim satgas di Jakarta pukul 16.50 wib di lobi hotel di daerah Pluit," bebernya.
 
Di tempat terpisah sekitar pukul 17.30 wita KPK  mengamankan Cahyo selaku Wakil Diirektur RSUD Kardinah Tegal di sebuah hotel di Balikpapan. Saat itu Cahyo tengah menempuh pendidikan. Selanjutnya pukul 20.00 wita Cahyo diterbangkan ke Jakarta.
 
"Kemudian pihak yang diamankan di Tegal, pada pukul 18.00 wib dibawa ke Jakarta melalui jalur darat," tambah Agus.
 
Tim Satgas juga menyegel sejumlah ruangan di beberapa lokasi antara lain rumah dinas Wali Kota Tegal, Posko pemenangan Siti Masithah dan Amir Mirza yang beralamat di Perumahan Citra Bahari Tegal, ruang kerja direrktur dan wakil direktur serta ruangan Kabag RSUD Kardinah Tegal.
 
"Diduga pemberian uang terkait Pengelolaan Dana Jasa Kesehatan di RSUD Kardina Tegal dan Fee dari proyek proyek pengadaan barang jasa di lingkungan pemerintahan Kota Tegal dengan  total Rp 5,1 miliar," pungkasnya. (jaa)
Editor : Syahrir Lantoni
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%