Kemendagri Selidiki 5 Ormas Antipancasila

Sabtu, 12 Agustus 2017 | 17:00
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Foto : istimewah

INDOPOS.CO.ID - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendapat laporan dari daerah adanya lima organisasi kemasyarakatan (ormas) yang dinilai berpotensi antipancasila.

 
Tjahjo Kumolo menuturkan, ormas ini dalam sekup massanya masih kecil namun mempunyai nama.
 
"Kemendagri atas laporan daerah ada ormas kecil, tapi ormas kecil ini cukup punya nama," ucap Tjahjo Kumolo di kawasan Senayan Jakarta Pusat, Sabtu (12/8/2017).
 
Atas laporan dari beberapa daerah itu Tjahjo dalam mekanisme selanjutnya akan menyelidiki lebih dalam dengan menggandeng beberapa instansi negara serta beberapa elemen masyarakat.
 
"Hasil dari Kemendagri kita serahkan baik itu hakim, kejaksaan, kepolisian, Kemenkumham, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh daerah," jelasnya.
 
Tjahjo mengatakan dalam penyelidikan lima ormas ini untuk memutuskan ormas layak atau tidak harus mempunyai bukti yang kuat. Bukti tersebut menurutnya seperti video, foto maupun dokumen lain.
 
"Seperti HTI kemarin, sudah sepuluh tahun perlawanannya.  Kemendagri baru meneliti ormas ini dua tahunan ini kan kurang.  Makanya kami mengklarifikasi apakah ada data video lain, dokumen tertulis lain ataupun fotonya ini sudah dicermati," papar mantan Sekretaris Jendral PDIP 2010 - 2015 ini. 
 
Ketika ditanya terkait nama ormas tersebut dan kedudukan wilayahnya di daerah mana, Mendagri enggan menyebutnya dan akan melakukan penyelidikan terlebih dahulu.
 
"Tunggu datanya dulu baru nanti bicara. Ya itu ormas kecil di daerah. Daerahnya? Ya di Indonesia lah. Ormas kecil ini tersebar di seluruh daerah," ungkap Tjahjo.
 
Menurutnya,  ormas yang dibubarkan tidak hanya terbatas pada ormas agama, tidak ormas umum, tapi ormas radikalpun akan dibubarkan. 
 
"Lima Ormas ini campur antara anti Pancasila dan anarkis. Kalau ormas yang mengganggu ketertiban kan bisa ditangani kepolisian dan tidak ada masalah," pungkasnya.  (jaa)
Editor : Syahrir Lantoni
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%