159 DPT Golput di TPS Jokowi

Rabu, 19 April 2017 | 15:23
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - TPS 4 yang berlokasi di Jalan Tanah Abang Timur Nomor 11, Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat ini menjadi tempat pencoblosan orang nomor satu RI, Joko Widodo bersama Ibu negara, Iriana. Sayangnya, di TPS ini pula angka golongan putih (Golput) cukup tinggi. 

Pasalnya, TPS yang dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga ditutup pukul 13.00 WIB ini, ada 159 pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya. Alasannya belum diketahui. Dari total DPT pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta, sebanyak 457 pemilih, hanya 289 yang menggunakan hak pilihnya, atau sekitar 65,2 persen. 

Diantaranya ada 286 pemilih yang datang mencoblos di TPS ditambah 12 orang yang melakukan pencoblosan di Rumah Sakit (RS) karena sedang dalam perawatan medis. 

"Ya kita sudah berusaha memaksimalkan jalannya pesta demokrasi ini dengan baik. Tapi tetap saja, banyak yang tidak datang", terang petugas KPPS TPS 4, Sugiyanto, Rabu (19/4). 

Sugiyanto juga mengakui pihaknya tidak mengetahui secara jelas alasan para pemilih tidak hadir pada saat pencoblosan, namun ia menyakini bahwa kampanye yang dilakukan pihaknya sebelumnya, sudah berjalan maksimal. 

Pada Pilkada putaran pertama, total DPT di TPS 4 ini berjumlah 493 pemilih. Namun pada putaran kedua, jumlah pemilih tetap ini berkurang menjadi 457 pemilih. Ada selisi 36 orang yang dihapus dari DPT, dengan alasan pindah tempat tinggal. 

"Dari 36 orang itu kami sudah datangi tempat tinggal mereka, ternyata mereka sudah pindah," tutur pria berkaca mata ini. (zak)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%