Bawa Koper, Choel Bersyukur Ditahan KPK

Selasa, 07 Februari 2017 | 10:08
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Tersangka Choel Mallarangeng menaiki mobil tahanan usai diperiksa di KPK, Jakarta, Senin (6/2).

INDOPOS.CO.ID – Keinginan Andi Zulkarnaen Mallarangeng untuk ditahan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya terwujud. Adik mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Alfian Malarangeng itu kini mendekam di Rutan Guntur Jakarta setelah KPK memutuskan untuk melakukan penahanan, kemarin (6/1).

Pria yang akrab disapa Choel itu pun mengucap syukur atas penahanan tersebut. ”Syukur, Alhamdulillah hari ini (kemarin, Red) telah diputuskan masa penahanan, masa yang sudah saya tunggu sekian lama,” ujar Choel usai diperiksa tiga jam oleh penyidik KPK di gedung Merah Putih, sebutan gedung KPK yang baru, kemarin (6/2). Choel ditetapkan tersangka sejak 21 Desember 2015 dan baru sekarang ditahan.

Sebagai catatan, sejak Januari 2016 Choel sudah meminta penyidik KPK untuk menahannya. Dia pun selalu membawa koper ketika KPK mengagendakan pemeriksaan untuk dirinya. ”Seperti kalian tahu, saya bilang saya siap ditahan. Saya juga sudah bawa koper (setiap diperiksa KPK, Red),” ujarnya santai. Sebelum ditahan, Choel empat kali dicegah bepergian ke luar negeri oleh KPK.

Choel ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pembangunan pusat pendidikan pelatihan dan sekolah olahraga nasional (P3SON) Hambalang tahun anggaran 2010-2012. Choel diduga memanfaatkan jabatan kakaknya, Andi Malarangeng untuk meraup untung dari proyek tersebut. Keuntungan yang didapat diperkirakan mencapai Rp 4 miliar.

Choel mengatakan, penahanan kemarin membuat status hukum untuk dirinya tidak lagi terkatung-katung. Pihaknya pun bakal berupaya mencari keadilan sebenar-benarnya saat kasus tersebut dilimpahkan ke pengadilan. ”Setahun ini, (status, Red) tersangka begitu lama. (Saya, Red) menunggu sejak Januari tahun lalu ditahan biar argo bisa jalan. Saya dan pengacara akan mencari keadilan,” ujarnya.

Di sisi lain, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, Choel bakal ditahan untuk 20 hari ke depan. Terhitung sejak kemarin, masa penahanan pertama Choel akan berakhir pada 25 Februari mendatang. ”Jadi untuk penahanan AZM (Andi Zulkarnaen Malarangeng, Red) ini merupakan salah satu perkara di tahun sebelumnya yang sedang didalami penyidik KPK,” terangnya. (tyo)

 

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%