Kartu Identitas Anak Jadi Diterapkan di 50 Daerah

Rabu, 11 Januari 2017 | 19:41
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Pemerintah mengingatkan kepada 50 daerah di Indonesia untuk mempersiapkan diri menerapkan Kartu Identitas Anak (KIA) tahun ini. Melalui Kementerian Dalam Negeri, daerah-daerah itu diarahkan untuk menyiapkan dana APBD guna melaksanakan perintah tersebut. Sudah ada Surat Edaran (SE) Nomor 471.13/13243/Dukcapil Tentang Pelaksanaan Program Penerapan KIA per 7 Desember 2016 lalu.

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh,  meminta gubernur dan bupati/walikota seluruh Indonesia mempersiapkan daerah mereka. "Daerah juga diminta menyiapkan tenaga teknis untuk pelaksanaan penerbitan KIA, dan melaporkan pelaksanaan penerapan KIA," tuturnya kepada wartawan, Rabu (11/1).

Pemerintah pusat hanya menyediakan anggaran sosialisasi dan dukungan stimulan blangko KIA bagi 50 kabupaten/kota yang terpilih. Selanjutnya kekurangan kebutuhan blangko nantinya dialokasikan melalui anggaran masing-masing daerah berpedoman Permendagri 2/2016.

Sebelumnya memang Kemendagri telah menunjuk 50 kabupaten/kota sebagai ‘pilot project’ penerapan KIA. Daerah-daerah yang dipilih ini memenuhi kriteria, yakni memiliki cangkupan penerbitan akta kelahiran tertinggi di 2016. Rencananya, pada awal 2017 ini akan diterbitkan Keputusan Mendagri terkait ke-50 daerah KIA tersebut. (adn)

Editor : Syahrir Lantoni
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%